Sistem Informasi Rumah Sakit

Dalam era globalisasi sekarang ini, rumah sakit dituntut untuk meningkatkan kinerja dan daya saing sebagai badan usaha dengan tidak mengurangi misi sosial yang dibawanya. Rumah sakit harus merumuskan kebijakan-kebijakan strategis antara lain efisiensi dari dalam (organisasi, manajemen, serta SDM) serta harus mampu secara cepat dan tepat mengambil keputusan untuk peningkatan pelayanan kepada masyarakat agar dapat menjadi organisasi yang responsif, inovatif, efektif, efisien dan menguntungkan.

Sistim Informasi Manajemen Rumah Sakit adalah sistem komputerisasi yang memproses dan mengintegrasikan seluruh alur proses bisnis layanan kesehatan dalam bentuk jaringan koordinasi, pelaporan dan prosedur administrasi untuk memperoleh informasi secara cepat, tepat dan akurat

Sistim Informasi Manajemen (SIM) berbasis komputer merupakan sarana pendukung yang sangat penting – bahkan bisa dikatakan mutlak – untuk operasional rumah sakit

Berbagai pengalaman rumah sakit yang menggunakan sistim administrasi konvensional menunjukan banyaknya kehilangan kesempatan memperoleh laba akibat dari lemahnya koordinasi antar departemen maupun kurangnya dukungan informasi yang cepat, tepat, akurat, dan terintegrasi.

Seberapa pentingkah sebuah Rumah Sakit menggunakan suatu jaringan Informatika dalam mendukung manajemen dan pelayanan?

Seberapa handalkah dalam mendukung kegiatan manajemen dan pelayanan Rumah sakit, mengingat begitu besar investasi yang akan dikeluarkan untuk program tersebut?

Ini masih menjadi pertanyaan bagi beberapa Rumah sakit dalam upaya pengembangan SIM-RS, terutama dalam memulai mengintegrasikan segala kegiatan yang telah berjalan selama ini (Pola lama/ manual) dengan Sistem Informasi Rumah sakit.